Experience The Simple and Creative Way

Apa Yang Dimaksud Dengan High Definition Pada Video ?

High definitionSaat ini, agaknya banyak dari kita yang mulai familiar dengan video. Beberapa bahkan mendalami videografi untuk membuat konten youtube atau untuk kepentingan yang lain. Bicara videografi, ada banyak istilah yang menarik untuk dibahas. Sebagian dari kita mungkin sudah familiar, dan sebagian yang lain mungkin masih bertanya-tanya dengan istilah tersebut. Berikut istilah terkait dengan videografi tersebut:

  • SD

SD adalah kepanjangan dari standard definition video. Ini adalah urutan yang paling rendah yang ada di kualitas rekaman video yang dibuat. Kisaran kualitas gambarnya adalah 480p dan dapat direkam dengan menggunakan kamera. Kriteria lain dari kualitas rekaman yang satu ini adalah dari segi pemutarannya bisa diputar dengan monitor yang memiliki resolusi 720 x 480 x 30 fps. Ini tergolong jenis resolusi yang sudah mulai jarang ditemukan di jaman ini. Adapun jenis monitor yang dapat digunakan untuk memutarnya disebut dengan SDTV.

  • HD

High definition video adalah kualitas rekaman video yang jika dibandingkan dengan kualitas SD adalah berada setingkat diatasnya. Adapun kisaran gambarnya adalah diatas 480p atau 720p. Adapun jenis monitor yang dapat digunakan untuk memutar HD adalah monitor dengan resolusi 1.280x 720 pixels x 30 fps. Saat ini, rata-rata monitor TV telah menggunakan jenis resolusi yang satu ini dan dapat memberikan tampilan HD. Adapun jenis monitor yang mampu memberikan tampilan tersebut disebut dengan HDTV.

  • FHD

Merupakan kepanjangan dari Full High Definition. Bisa dikata, kualitas gambar yang ditawarkan oleh FHD adalah sudah sangat bagus. Kualitas gambarnya di atas HD dengan kapasitas resolusinya adalah 1080p. Setidaknya resolusi layar yang dibutuhkan untuk menampilkan rekaman dengan kapasitas yang satu ini adalah 1.920 x 1.080 pixels x 30 fps. Beberapa jenis TV yang ada saat ini sudah mampu memutar video dengan kapasitas rekaman ini, namun untuk jenis TV dengan harga yang cukup mahal.

  • UHD

Adalah kepanjangan dari Ultra HD Video. Ini adalah video dengan kapasitas rekaman yang bisa dibilang sangat canggih dibandingkan dengan kapasitas rekaman yang lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Kualitas gambarnya memiliki resolusi 2160p dengan kapasitas 3.840 x 2.160 pixels. Ukuran resolusi yang dimilikinya adalah dua kali lipat lebih tinggi dari HDTV sehingga tidak salah jika disebut dengan Quad HD.

  • 4K

Jenis rekaman video yang satu ini adalah perkembangan lebih lanjut dari UHD video. Dari segi kualitas gambarnya hampir sama dengan yang dimiliki oleh UHD video, hanya saja layar resolusi yang digunakan adalah lebih dari 4000 yaitu 4.096 x 2.160 pixels.

Terkait dengan kapasitas rekaman video HD, adapula yang disebut dengan full HD. Jika Anda menemui dua istilah ini, maka tidak perlu bingung. HD seperti yang sudah kita bahas bersama  memiliki kapasitas 1280 x 720p. Ini berarti kapasitasnya adalah HD. Sedangkan untuk kapasitas HD yang full HD adalah 1920 x 1080. Singkat kata, HD tanpa embel-embel full adalah kapasitas HD yang bisa dibilang support untuk digunakan pada berbagai gadget yang ada saat ini. Sedangkan untuk full HD adalah membutuhkan gadget dengan spesifikasi yang lebih canggih agar terbaca dengan prosesor dan resolusi yang mendukung untuk kapasitas rekaman full HD. Jika kapasitas rekamannya diluar kedua itu, berarti bukan termasuk HD ya Guys.