Experience The Simple and Creative Way

Apa Yang Dimaksud Dengan High Resolution ?

High resolution – Sebagian besar dari kita sepertinya familiar dengan apa yang dimaksud resolusi. Apalagi semenjak smartphone menjadi begitu booming. Sekilas dalam bayangan kita terlintas bahwa resolusi berhubungan dengan gambar. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai apa yang dimaksud dengan high resolution pada gambar? 

Pengertian Resolusi

Resolusi sering kali kita dengar khususnya dalam dunia digital. Istilah digital image semakin populer lantaran semakin populernya pemakaian smartphone saat ini yang identik dengan istilah resolusi gambar. 

Ada dua jenis resolusi, yaitu low-res atau low resolusi dan high-res atau high resolusi. Sebagai upaya untuk menggambarkan deskripsi dari resolusi gambar ini, mari kita pahami ilustrasi berikut ini!

Kaitannya dengan resolusi, ada yang disebut pixel. Apa itu pixel? Gambaran singkatnya begini. Saat Anda memotret foto selfie diri misalnya, lalu Anda zoom gambar tersebut. Gambar tidak lagi jernih dan jelas seperti saat sebelum di zoom, namun gambar sudah berubah pecah dengan kotak-kotak pada tubuh gambar. Kotak-kotak kecil itu kita sebut dengan pixel. Cara menghitung pixel sama halnya dengan saat Anda menghitung luas persegi panjang, yaitu berapa kotak untuk lebarnya dikali berapa kotak untuk tingginya / width x height. 

Lalu apa hubungan antara pixel dan resolusi? Kurang lebih gambarannya seperti ini. Jika saat ini saya mempunyai smartphone yang old dengan merk Nikon D7000, dari data yang dimiliki ponsel ini saya dapat melihat bahwa resolusi gambarnya adalah 16,1 mega pixels. Darimana data tersebut di dapat? Rupanya saat saya cek buku panduan Nikon D7000 terdapat informasi bahwa perkalian lebar dan tinggi pixel adalah 4928 × 3264 pixels. Dan hasilnya? Tentu saja persis yaitu 16.084.992 pixels. Jika dibulatkan menjadi 16,1 juta pixels atau sama saja dengan 16,1 Mega Pixels. Nah, inilah yang disebut dengan resolusi gambar pada kamera smartphone tersebut. 

Kaitannya dengan resolusi gambar, ada beberapa kesimpulan yang bisa kita tarik, yaitu:

  • Resolusi tidak lain adalah jumlah banyaknya pixel yang ada pada image yang akan dicetak dalam setiap satu inci perseginya atau mudahnya setiap satu cm persegi saat kita akan mencetaknya di sebuah kertas. Untuk cara penghitungannya adalah dengan mengalikan lebar pixel dan tinggi pixelnya. Hasil akhir dari perkalian adalah resolusi gambar dari kamera tersebut. 
  • Logikanya, image yang memang memiliki resolusi yang tinggi berarti jumlah pixelnya pun semakin banyak baik untuk lebar maupun tingginya. Jika  image tersebut memiliki resolusi sebanyak 150/ inchinya, berarti totalnya adalah 150 pixel dalam setiap 1 cm persegi.  Begitupun saat resolusi yang ditunjukkan adalah 250/ inchinya berarti ada 250 pixel untuk setiap satu meternya. Singkat kata, resolusi secara tidak langsung menunjukkan ukuran dari pixel-nya. Tingginya resolusi berarti ukuran kotak pixelnya semakin kecil. Demikian sebaliknya, ukuran resolusi yang rendah, berarti semakin besar ukuran kotak pixelnya. Singkat kata, yang dimaksud dengan resolusi gambar hubungannya adalah pada ukuran cetak image-nya. Apakah saat mencetaknya Anda membutuhkan kamera dengan kualitas terbaik atau kualitas yang rendah sebenarnya tidak sebegitu berpengaruh. Intinya adalah resolusi tersebut bergantung dari hasil akhir terbaik yang ingin Anda dapatkan. 

Jika dikembalikan pada pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan high resolution ?” Dari uraian di atas bisa kita simpulkan bahwa resolusi yang tinggi pada gambar berarti ukuran pixel pada gambar semakin kecil, begitupun sebaliknya.