Experience The Simple and Creative Way

Ketahui Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Tentunya ada banyak sekali jenis website yang bisa ditemukan di internet, tidak hanya lokal namun juga global. Nah untuk pembahasan kali ini akan dipaparkan untuk anda jenis-jenis website berdasarkan fungsinya.

Landing page

Ketika landing page secara bebas diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka hal ini bisa diartikan sebagai halaman landas. Namun di ranah digital marketing, ternyata landing page adalah halaman website yang merupakan tempat pengunjung datang pertama kali. Landing page umumnya hanya terdiri oleh 1 halaman utama serta 1 halaman pendukung. Nah, di halaman utama ini ada penawaran mengenai suatu jasa atau produk tertentu. Dan biasanya di halaman pendukung terdapat form database bagi calon pembeli. Ciri khas landing page yaitu memadukan copywriting yang ciamik dengan visual atau tampilan yang menarik. Tujuan dari landing page sebagian besar adalah untuk mendapatkan calon pembeli atau database prospek seperti whatsapp, nomor telepon, atau email. Nah, database inilah yang kemudian di follow up divisi sales agar dapat menghasilkan penjualan. 

Website bisnis

Website tipe bisnis tentunya berbeda dengan landing page karena websitenya yang terdiri oleh banyak halaman. Dari mulai halaman layanan atau produk, kontak, testimonial atau portfolio, disclaimer, profil, blog untuk konten marketing, dan privacy policy. Fungsi utama website bisnis yaitu merepresentasikan bisnis yang mempunyai demand stabil serta yang tahan lama. Misalnya saja seperti bisnis rental mobil, paket wisata, umroh, properti, penginapan, dan sejenisnya. Dikarenakan cocok dimanfaatkan sebagai bisnis jangka panjang, maka salah satu cara promosi paling tepat untuk website bisnis yaitu dengan menggunakan teknik SEO. 

Website berita

Kemungkinan saja anda sudah sangat familiar dengan website seperti CNN Indonesia, Kompas, Detik, Okezone, dan sebagainya. Nah, semua website ini adalah website berita. Umumnya fungsi dari website berita adalah digunakan dalam memberikan informasi terupdate dengan berbagai kategori. Sehingga bisa dipastikan bahwa konten untuk jenis website dengan fungsi seperti ini sangat banyak. Mungkin per harinya bisa mencapai 100 konten, atau bahkan lebih. Dikarenakan konten yang dimilikinya tidak tahan lama, maka hampir semua pemilik website ini menggunakan iklan berbayar untuk mempromosikan kontennya. 

Website ecommerce (toko online)

Toko online merupakan jenis website yang merupakan tempat konsumen dapat menemukan atau membeli berbagai pilihan produk secara online serta serba otomatis, tanpa perlu mendatangi langsung ke lokasi. Hal ini merupakan salah satu jenis website terpopuler di Indonesia saat ini. Terlebih lagi sejak meningkatnya aktivitas jual beli secara online di Indonesia, membuat pertumbuhan website ini ikut signifikan.  Tentunya anda dapat menggunakan website ini jika memiliki banyak produk yang ingin sekali dijual, yang biasanya puluhan sampai ratusan produk. Selain itu, biasanya di website ecommerce terdapat fitur resi, cek ongkir, chat pelanggan, konfirmasi pembayaran sebelum produk dikirimkan, dan sebagainya. Untuk mempromosikan website ecommerce, maka anda dapat menggunakan cara organik seperti paid traffic pada Google hingga Facebook Ads.

Website perusahaan

Website perusahaan sering juga disebut company profile atau website corporate dikarenakan erat kaitannya dengan identitas dari suatu perusahaan. Nah, fungsi utama dari website perusahaan yaitu meningkatkan brand awareness serta kredibilitas perusahaan di mata calon konsumen, terlebih lagi untuk mereka yang melek secara digital. Untuk mempromosikannya anda juga bisa menggunakan cara promosi seperti website ecommerce.

Demikianlah berbagai pembahasan mengenai jenis-jenis website berdasarkan fungsinya. Kalau anda tertarik, bisa juga membuat website untuk usaha anda di link berikut. Semoga bermanfaat.