Experience The Simple and Creative Way

Keuntungan Jilid Buku Hardcover

Tampilan buku yang menarik akan bisa memberikan keunikan tersendiri. Jika tampilan buku dilihat dari segi luarnya maka penggunaan hardcover yang menarik adalah salah satu penunjangnya. Selain itu untuk saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa jilid buku hardcover, baik untuk buku biasa ataupun sebuah skripsi. Dengan banyaknya penyedia jasa tersebut maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencarinya ketika sedang membutuhkan.

Keuntungan Jilid buku hardcover

Jilid buku hardcover adalah sebuah metode yang dilakukan dalam penjilidan suatu dokumen, dimana penutup yang digunakan bisa dibilang sangat keras. Selain itu bahan yang digunakan untuk hardcover ini biasanya menggunakan bahan kertas buffalo yang sudah ditambahkan dengan menggunakan kertas dengan bahan karton. Dengan penambahan kertas karton tersebut maka cover dari dokumen tersebut akan menjadi lebih tebal.

Kelebihan dari penggunaan jilid buku hardcover

Penggunaan hardcover pada sebuah dokumen seperti skripsi dan sejenisnya sudah sering kali ditemui. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan hardcover untuk dokumen yang anda miliki.

  1. Adanya kesan elegant

Dengan menggunakan hardcover untuk dokumen yang anda miliki. Maka dokumen tersebut akan menjadi lebih elegan, hal ini dikarenakan hardcover memiliki bentuk yang kokoh dan tentunya membuat dokumen yang anda miliki menjadi lebih rapi.

  • Tidak mudah rusak

Berbeda dengan jenis sampul softcover yang memiliki tampilan yang lentur, jika dengan hardcover yang tampilannya lebih kuat maka sampul hardcover akan lebih tahan lama dan juga tidak mudah rusak. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda.

  • Tidak mudah terlipat

Karena bentuknya yang kokoh dan tidak lentur maka dengan hardcover dokumen yang anda miliki tidak akan mudah terlipat.

Kekurangan dari penggunaan jilid buku hardcover

Selain memiliki keuntungan maka penggunaan sampul hardcover juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Biaya yang diperlukan lebih mahal

Jika dibandingkan dengan harga jenis sampul softcover maka jenis sampul hardcover bisa dibilang memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan oleh faktor bahan dan juga lama pengerjaan yang dibutuhkan. 

  • Waktu pengerjaan lebih lama

Dibandingkan dengan pengerjaan sampul softcover maka pengerjaan sampul hardcover bisa dibilang lebih lama. Hal ini dipengaruhi oleh bahan yang digunakan oleh pengerjaan sampul hardcover berbeda dengan pengerjaan sampul softcover.

  • Adanya biaya lain-lain

Biasanya untuk setiap hardcover yang dibuat selalu diberikan beberapa aksesoris tambahan. Dengan penambahan aksesoris inilah yang membuat harga dari sampul hardcover menjadi memiliki biaya lainnya.

Baca juga : Sekilas Tentang Jilid Buku Hardcover

Perbedaan sampul hardcover dengan sampul softcover

Mungkin beberapa dari anda belum mengetahui perbedaan dari sampul hardcover dan juga sampul softcover. Jika dilihat dari hasilnya bisa sangat terlihat perbedaannya, untuk hardcover bentuknya lebih kaku dan kokoh sedangkan untuk softcover lebih lentur dan sangat mudah rusak. Untuk perbedaan biaya jelas harcoverlah yang lebih mahal dibandingkan dengan softcover hal ini dikarenakan kerumitan dari proses pembuatannya dan juga bahan yang digunakan. Selanjutnya untuk jangkauan waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya juga sangat berbeda, waktu yang dibutuhkan untuk membuat hardcover terbilang lebih lama dibandingkan dengan pembuatan softcover. Alat yang dibutuhkan untuk membuat hardcover dan juga softcover bisa dibilang berbeda. Sebagai contohnya jilid buku hardcover sering digunakan untuk skripsi dan sejenisnya sedangkan untuk jilid buku soft cover sering digunakan untuk sebuah novel. Dengan membaca artikel ini maka anda bisa lebih mengerti penempatan, keuntungan dari jilid hardcover dan juga softcover. Semoga bisa menambah wawasan anda semua.