Experience The Simple and Creative Way

Tips Memilih Buku Agenda Kerja

Buku agenda kerja banyak dipakai yang manfaatnya ialah bisa digunakan sebagai media pencatat jadwal atau berbagai to do list sehingga bisa menjadi lebih rapi dan mudah diingat serta tidak akan ada yang terlewatkan atau terlupakan. Buku agenda kerja ini bahkan tak hanya dipakai di kalangan pekerja kantoran saja tapi juga di kalangan pelajar dan mahasiswa juga. Terdapat beragam tipe buku agenda kerja yang tersedia dijual di pasaran, yakni mulai dari buku agenda kerja harian, dan mingguan, serta bulanan, baik yang secara khusus maupun yang campuran. Banyaknya tipe jenis buku agenda kerja mungkin akan membuat kebingungan dalam memilihnya, berikut ini tips memilih buku agenda kerja.

Tentukan Tujuan Penggunaannya

Setidaknya terdapat tiga jenis buku agenda kerja, yakni buku agenda kerja bulanan, atau mingguan, atau harian. Pilih jenis yang paling mudah digunakan serta yang paling sesuai dengan tujuan penggunaannya. Berikut ini aneka jenis format buku agenda kerja yang bisa dipilih.

Buku Agenda Kerja Bulanan

Buku agenda kerja bulanan, bisa dipakai untuk mencatat kegiatan sehari-hari pribadi maupun bisnis secara tiap bulannya, formatnya sama dengan bentuk kalender. Cukup tuliskan jadwal harian pada kolom yang telah tersedia dalam bentuk catatan yang singkat, sehingga akan memudahkan untuk melihat jadwal kegiatan setiap hari dengan secara keseluruhan dalam jangka waktu sebulan.

Buku Agenda Kerja per Pekan

Buku agenda kerja per pekan atau mingguan, akan memudahkan dalam pengaturan tugas serta jadwal secara lebih rinci setiap pekan. Catatan dan daftar jadwal mingguan setiap pekannya tersaji dalam satu halaman dalam bentuk vertikal yang memudahkan pengecekan  namun ada juga yang dibuat secara horizontal, tergantung kebiasaan dan selera dalam memilihnya. Pada tabel secara horizontal maka dapat mengisi jadwal untuk hingga selama empat hari ke depan pada bagian kiri dan juga tiga hari pada bagian kanan. Selain itu juga bisa diisi dengan catatan tambahan.

Buku Agenda Kerja Harian

Satu tips memilih buku agenda kerja yang lain adalah pilih layout yang sesuai. Buku agenda kerja harian akan memudahkan dalam pengaturan tugas serta jadwal secara lebih rinci setiap harinya. Jenis buku agenda kerja harian ini sangat fleksibel digunakan untuk mencatat berbagai jadwal harian, dengan menyediakan ruang yang lebih luas sehingga bisa lebih leluasa untuk menulis dengan secara lebih detail dan rinci tentang jadwal tiap jamnya di setiap hari berdasarkan pada waktu dan jadwalnya. Layout nya juga bisa lebih mudah disesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, dan bisa juga berfungsi sebagai buku diary. Namun, buku agenda kerja ini tidak cocok jika mau digunakan untuk pengaturan jadwal secara dalam jangka panjang karena pada tiap halamannya hanya akan bisa digunakan untuk melihat catatan dalam jangka waktu selama dua hari dalam satu tampilan halaman buku.

Tentukan Ukuran Buku Agenda Kerja

Dengan berdasarkan pada faktor kemudahan menulis dan juga portabilitas  kemudahannya ketika dibawa-bawa maka tentukan jenis ukuran buku agenda harian yang akan dibeli. Pilihannya bisa sebagai berikut.

Ukuran B5 yakni 257 mm × 182 mm atau ukuran binder

Ukiran A5 yakni 210 mm × 148 mm atau ukuran buku teks siswa pelajar sekolah

Ukuran B6 yakni 182 mm × 128 mm yang sedikit lebih kecil dari ukuran suatu buku catatan

Ukuran A6 yakni 148 mm × 105 mm yang sedikit lebih besar dari ukuran buku saku

Perhatikan dengan kebiasaan pakainya, jika akan sering ditenteng atau dibawa ke mana-mana maka bisa memilih buku agenda kerja yang lebih kecil ukurannya  atau tipe pocket yang bahkan bisa dikantongi atau dimasukkan ke dalam saku, tapi jika lebih sering diletakkan di tempat, di atas meja maka bisa memilih buku agenda kerja dengan ukuran yang lebih besar sehingga akan lebih memudahkan juga dalam penulisannya. 

Demikian beberapa tips memilih buku agenda kerja yang baik. Semoga bermanfaat.